| Kamis, 18 April 2024

Kamis, 2 April, 2015 | 539 dibaca | 0 dikomentari | 0 dibagi

Taktik Jitu Dapat Kerja Setelah Lulus

Persaingan tenaga kerja masih sangat keras. Meski sudah mengantongi gelar sarjana, mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah tidak semudah yang dibayangkan.

Tidak usah gusar, ada beberapa taktik yang bisa diterapkan agar kita mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah.

1. Buat rencana

Buatlah jadwal dengan alokasi waktu dan target berapa banyak surat lamaran yang akan dikirim dalam satu hari. Buat daftar mengenai level posisi yang ingin Anda lamar. Lihatlah sekeliling untuk peluang yang sama.

2. Cari, cari dan cari

Materi kuliah tentang penelitian di kampus bisa juga dipakai untuk mencari berbagai lowongan pekerjaan. Lihatlah bidang studi Anda dan apa saja peluang kerja yang tersedia. Buat juga catatan tentang lowongan pekerjaan yang dibuka, perusahaan apa yang membuka lowongan dan bagaimana mengontak perusahaan tersebut. Demikian dinukil dari College Candy, Senin (9/3/2015).

3. Jaringan

Buat koneksi sebanyak mungkin. Cobalah berkenalan dengan seseorang dari suatu perusahaan. Anda bisa meminta informasi tentang dunia kerja kepada kenalan ini. Jangan lupa mengirimkan email ucapan terima kasih dan terus mengabari perkembangan pencarian kerja Anda. Semakin banyak orang yang Anda kenal, maka Anda membuka pintu peluang lebih lebar.

4. Hubungi kontak orang-orang ketika magang

Jika sudah memiliki kenalan saat magang, jaga hubungan dengan mereka. Siapa tahu, kolega ketika magang dulu bisa memberikan informasi tentang lowongan pekerjaan yang tersedia di kantor mereka.

5. Manfaatkan peluang berkomunikasi

Wawancara kerja, email lamaran kerja atau hubungan telefon ke HRD perusahaan untuk bertanya tentang lowongan pekerjaan bisa menjadi peluang untuk belajar dan tumbuh secara profesional. Semakin banyak upaya Anda berkomunikasi dengan jelas, efektif dan penuh rasa hormat, maka Anda akan terlihat lebih profesional dan menjadi kandidat pegawai yang lebih menjanjikan.

6. Periksa media sosial

Bersihkan setiap media sosial yang Anda punya dari postingan negatif yang bisa menutupi potensi Anda.

7. Fleksibel dan Sabar

Realistis dan praktikal. Anda bisa terus mengusahakan meraih pekerjaan impian sambil memanfaatkan semua peluang yang datang. Menjalankan rencana bukan berarti menutup diri pada semua kesempatan yang ada.

http://news.okezone.com/read/2015/03/09/65/1115618/taktik-jitu-dapat-kerja-setelah-lulus

BERLANGGANAN LOWONGAN KERJA
Tentang Kami   •   Warta   •   Syarat & Ketentuan   •   Frequently Asked Questions (FAQ)   •   Site Map   •   Testimoni   •   Friend Link
 
 

 

Copyright © 2018. minergynews.com Allrights Reserved. Powered by Cancer Digital Services - Indonesia