| Senin, 29 April 2024

Kamis, 18 September, 2014 | 475 dibaca | 0 dikomentari | 0 dibagi

Manfaatkan Media Sosial Untuk Meningkatkan Citra Diri

Pesatnya pertumbuhan pengguna sosial media menjadi jalan baru bagi para perusahaan menentukan kadidat pegawai yang hendak mereka pilih. Seringkali HRD menelusuri profil akun sosial media dari calon kandidat mereka untuk melihat lebih dalam mengenai latar belakang, karakter dan kepribadian mereka.

Beberapa dari perusahaan ternama menyatakan bahwa sosial media sangat penting menentukan calon pegawai yang hendak mereka pekerjakan. Jadilah pengguna sosial media yang bijak dan segera bersihkan akun sosial media Anda dari hal-hal yang tidak penting. Jangan biarkan perusahaan impian Anda melupakan Anda untuk sebuah posisi karena sosial media.

Ikuti cara pintar menggunakan sosial media untuk para pencari kerja sebagai berikut:

 

1. Tingkatkan Pengaturan Pengamanan Anda

Ketika Anda sedang mencari pekerjaan, sebaiknya Anda mulai untuk meningkatkan pengaturan pengamanan sosial media Anda. Dengan cara seperti itu Anda bisa memilah informasi mana saja yang akan Anda buka umum dan pribadi.

 

2. Hapus Konten Tidak Pantas

Hapus konten guyonan Anda bersama dengan sahabat atau rekan kerja Anda yang berisi SARA, ejekan terhadap seseorang atau public figure, dan juga hal-hal yang berbau pornografi. Anda mungkin seringkali menggunakan hal tersebut sebagai bahan bercanda dengan sahabat dan orang terdekat Anda. Namun jika Anda sedang mencari pekerjaan sebaiknya Anda menghapus hal-hal tersebut. Namun jika Anda tidak ingin menghapusnya pastikan konten tersebut hanya bisa dilihat oleh orang-orang terdekat Anda saja. Perusahaan tidak akan mempekerjakan Anda jika mereka beranggapan bahwa Anda adalah biang masalah.

 

3. Hapus Foto Tidak Pantas

Jika Anda mengunggah foto Anda sedang mabuk disebuah bar bersama rekan-rekan Anda sebaiknya hapus sekarang. Foto tersebut akan memberikan kesan buruk kepada perusahaan. Pilah foto mana saja yang Anda pikir pantas untuk diunggah di akun sosial media Anda dan mana yang harus Anda hapus sekarang.

 

4. Hati-hati dengan Ejaan dan Tata Bahasa

Walaupun sosial media merupakan situs yang bersifat personal dan merupakan ruang terbuka yang tidak bersifat formal. Namun kesalahan tata bahasa dan ejaan akan membuat perusahaan beranggapan bahwa Anda adalah seorang pemalas dan bukan calon karyawan yang profesional. Khususnya bagi Anda yang sedang melamar pekerjaan yang bersifat administratif, kesalahan kecil pada ejaan dan tata bahasa di profil sosial media Anda dapat membuat Anda gugur mendapatkan pekerjaan.

 

5. Googling Diri Anda

Anda mungkin akan sedikit terpukau saat Anda melihat hal yang nampak saat Anda googling diri Anda. Berhati-hati, karena bisa jadi perusahaan akan memulai mencari tahu tentang Anda melalui google. Anda mungkin memiliki foto yang tidak pantas beredar di dunia maya saat duduk dibangku sekolah. Segera telusuri dan hapus gambar-gambar tersebut di beberapa akun sosial lama Anda.

 

6. Jadilah Pengguna Internet yang Cerdas

Jika Anda suka berdebat di sosial media atau forum online, ingat bahwa kata-kata yang kasar,agresif dan kata-kata yang buruk akan memberikan asumsi yang buruk terhadap perusahaan. Bukan tugas yang mudah menghapus semua komentar Anda di berbagai forum. So, sebaiknya hati-hati saat berkomentar. Anda tidak akan pernah tahu siapa yang nantinya akan melihat komentar Anda suatu saat.

 

7. Batasi Informasi

Anda harus berpikir dua kali untuk menekan tombol like untuk fab page, group, acara tv, film, dan jenis musik di akun sosial media Anda.Batasi informasi tersebut di akun sosial media Anda. Pastikan gambaran yang didapat oleh perusahaan dan orang lain tentang diri Anda hanyalah hal positif saja.

 

8. Jangan Posting Sesuatu di Jam Kerja

Hindari menayangkan sesuatu disaat jam kerja. Jika perusahaan tahu bahwa Anda sering mengunggah sesuatu di jam kerja, mereka akan beranggapan bahwa Anda tidak bekerja dengan baik.

 

Sosial media bisa membantu kita mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan. Sebaliknya juga bisa membuat kita kehilangan pekerjaan yang kita harapkan. Ketika Anda sekarang mencari pekerjaan delapan hal tersebut tentunya akan sangat penting. Pastikan profil yang Anda tampilkan di akun sosial media sesuai dengan perusahaan yang hendak Anda lamar.

BERLANGGANAN LOWONGAN KERJA
Tentang Kami   •   Warta   •   Syarat & Ketentuan   •   Frequently Asked Questions (FAQ)   •   Site Map   •   Testimoni   •   Friend Link
 
 

 

Copyright © 2018. minergynews.com Allrights Reserved. Powered by Cancer Digital Services - Indonesia